20 Desember 2020

Apa itu Seroja ?


Seroja atau Kembang Goyang

Kembang goyang atau seroja adalah salah satu makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu, tepung tapioka, santan, katumbar, bawang putih, kemiri dan garam yang merupakan khas makanan dari jawa barat.Seperti namanya kue tersebut berasal dari nama kembang seroja yang memiliki sebutan lain yaitu bunga teratai. Kue saroja biasanya menjadi suguhan pada saat-saat tertentu seperti perayaan, pernikahan, hari raya lebaran, dll. Di Jawa Barat sendiri kue saroja ini salah satu kue tradisional yang resepnya berasal dari turun-temurun.

Selain bentuknya yang mirip dengan kue kembang goyang, cara pembuatan kue saroja ini pun mirip-mirip dengan kue kembang goyang. Bahan dasar utamanya adalah tepung beras yang dicampur sedikit tepung terigu, garam, dan irisan halus daun jeruk agar harum. Untuk membuatnya berbentuk kembang seroja, sudah ada cetakan khusus bergagang panjang yang bisanya terbuat dari alumunium.

Setelah dicelupkan ke dalam adonan yang encer, cetakan tersebut tinggal dicelupkan ke dalam minyak panas dan digoyang-goyangkan hingga warnanya berubah keemasan. Jika kue sudah kering, maka dengan sendirinya akan terlepas dengan mudah dari cetakan. Tekstur kue saroja yang tipis membuat kue ini terasa krenyes renyah saat dimakan.

Kelompok PTI Kuningan

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Contact Us

Kunjungan

Social Media

Contact Info

Email:

serojaensa@gmail.com

Whatsapp:

+6281224328773

Instagram:

@ensaseroja_

Youtube:

Ensa Seroja