26 Desember 2020

Trik dalam Pembuatan Seroja yang Renyah



Seroja / Kembang Goyang merupakan makanan lezat dan gurih Khas Kuningan Jawa Barat. Seroja merupakan makanan daerah yang sudah terkenal mutunya , memiliki tekstur renyah dengan rasa gurih. Selain jadi cemilan , seroja biasanya juga sebagai makanan pendamping. Menjelang lebaran seroja kerap disajikan dimomen penuh berkah tersebut.

Namun tahukah Anda , membuat seroja terbilang gampang - gampang susah , mengapa ? Karena adonan yang dibuat dan digoreng tidak tepat , dapat membuat seroja memiliki tekstur yang lebih keras.
Lalu apa saja trik jitu untuk membuat seroja yang renyah ? Yuk , kita simak berikut ini.
  1. 1.Pilih Bahan Berkualitas
    Yang wajib diperhatikan adalah pemilihan bahan untuk membuat seroja ini. Pastikan bahannya berkualitas baik seperti tepung beras , tepung tapioka , kacang tanah , ketumbar , santan kelapa , bawang putih dan juga garam.
  2. 2.Proses Penggorengan Saat menggoreng seroja , disarankan menggunkan tungku / hawu agar seroja rasanya lebih renyah. Lalu masukkan cetakan seroja ke dalam adonan , lalu masukkan ke wajan ketika minyak sudah benar - benar panas. Hindari pula mengangkat cetakan yang belum kering , karena akan membuat seroja tidak membentuk sempurna , begitupun sebaliknya hindari mengangkat cetakan sangat lama , karena cetakan akan susah untuk dilepasnya karena terlalu kering. Supaya matang merata , balik seroja saat bagian bawahnya sudah kering.
  3. 3.Proses Mencampur Bahan Tak kalah penting adalah memastikan mencampur bahan dengan benar. Campur tepung dengan bumbu yang telah dihaluskan lalu tambahkan sedikit demi sedikit air santan hingga adonan cukup encer. Kemudian , aduk semua bahan tambahan ulekan cabai rawit merah , kacang tanah , keju , dan gula halus yang sudah didihkan. Tambahan tersebut disesuaikan dengan menu varian rasa yang akan dibuatnya.
  4. 4.Menyimpan SerojaSetelah digoreng dan matang , ada baiknya mengangkat seroja hinga benar - benar tiris. Biarkan hingga dingin lalu simpan dalam wadah / toples yang tertutup rapat. Cara ini untuk membuatnya tahan lama dan bebas dari bau tengik. Jangan lupa untuk melapisi bawah toples dengan tisu agar minyak yang tersisa dapat meresap ke tisu dan seroja benar - benar tiris.

Kelompok PTI Kuningan

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Contact Us

Kunjungan

Social Media

Contact Info

Email:

serojaensa@gmail.com

Whatsapp:

+6281224328773

Instagram:

@ensaseroja_

Youtube:

Ensa Seroja